Pada hari Minggu, 17 November 2024, tim BACO dari Universitas Ciputra yang terdiri dari Bryan Fernando Dinata (IMT’24), Obie Zuriel (IMT’24), Clarice Harijanto (IMT’24), dan  Alexander Bagaskara (VCD’24), berhasil meraih juara 3 dalam lomba 4C National Competition pada kategori Pengembangan Aplikasi Permainan. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (Filkom UB) dengan babak penyisihan yang berlangsung secara online dan babak final yang diadakan secara offline di gedung Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya, Malang.

Lomba 4C ini diadakan dalam rangka memperingati kegiatan Dies Natalis ke-13. Kompetisi ini diperuntukkan bagi para mahasiswa Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia yang ingin mengasah kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, kreativitas dan komunikasi. Tema yang diangkat pada lomba 4C tahun ini adalah Teknologi Informasi untuk Peningkatan Pelayanan Publik dan Literasi Digital Menuju Indonesia Emas 2045. Kompetisi ini berlangsung selama kurang lebih 2 bulan, mulai dari babak penyisihan hingga final. 

Pada babak penyisihan kategori pengembangan aplikasi permainan, peserta diminta untuk mengembangkan sebuah aplikasi permainan edukatif yang sesuai dengan tema lomba dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs). Dari 29 tim yang mendaftar, hanya 10 tim terbaik yang berhasil lolos ke babak final. Di babak final, setiap tim akan melakukan final challenge berupa pitching  dan juga final presentation. Tim BACO dari Universitas Ciputra mengembangkan sebuah aplikasi permainan edukatif bernama The Little Coon, dimana permainan ini mengajak pemain berperan sebagai seorang pengusaha yang dikutuk menjadi rakun karena ketidakpeduliannya terhadap lingkungan dan pengusaha harus menjalankan berbagai misi untuk kembali menjadi manusia. Aplikasi permainan ini sangat merepresentasikan nilai Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship Universitas Ciputra dimana sebagai pengusaha harus memiliki sikap dan kepedulian terhadap lingkungan juga.  

Kompetisi ini diikuti oleh tim-tim unggulan dari berbagai universitas di Indonesia seperti Binus University, Universitas Gadjah Mada, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta dan masih banyak yang lainnya lagi. Juara pertama diraih oleh tim Lorem Ipsum dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), sedangkan juara kedua diraih oleh tim Task Manager dari Universitas Brawijaya. 

Cerita Perjalanan

Perjalanan kami mengikuti 4C National Competition 2024 dimulai pada 26 September 2024, ketika Pak Stephanus Eko membagikan informasi lomba melalui grup chat jurusan Informatika (IMT) angkatan 2024. Begitu mendengar tentang kompetisi ini, kami merasa antusias dan segera berkumpul untuk merancang ide awal sebuah aplikasi permainan yang inovatif dan relevan dengan tema lomba.

Babak penyisihan berlangsung dari 26 September hingga 21 Oktober 2024, memberi kesan waktu yang cukup panjang. Namun, periode ini justru penuh dengan tantangan. Salah satu tantangan terbesar kami adalah mengatur waktu untuk bertemu di tengah kesibukan masing-masing, mulai dari jadwal kuliah, tanggung jawab di organisasi, hingga kegiatan kepanitiaan lainnya.

Di tengah tekanan ini, semangat tim kami tidak surut. Kami memanfaatkan setiap waktu luang—kadang hingga larut malam—untuk berdiskusi, mengerjakan desain, dan memprogram aplikasi kami. Ada saat-saat di mana ide-ide kami mentok atau kami merasa kewalahan dengan pekerjaan lain, tetapi melalui komunikasi yang baik dan kerja sama tim, kami berhasil mengatasinya.

Pada 2 November 2024, saat pengumuman tim yang lolos ke babak final, kami merasa sangat terkejut dan tidak menyangka bahwa karya kami berhasil masuk dalam 10 besar. Dari sekian tim yang mendaftar, BACO diumumkan sebagai salah satu tim yang melaju ke babak final. Rasa tidak percaya berubah menjadi kegembiraan besar, dan kami langsung memulai persiapan untuk tahap selanjutnya. Akhirnya, kami berangkat ke Malang dengan semangat, meski sedikit tegang menjelang pitching dan presentasi di depan para juri. Babak final ini benar-benar menguji kesiapan kami, baik dalam menyampaikan ide secara efektif maupun menjawab pertanyaan dari juri.

Setelah melalui tahap pitching dan presentasi yang menegangkan, tibalah saat pengumuman pemenang. Ketika nama tim BACO disebut sebagai juara 3, kami merasa sangat bersyukur. Perjuangan kami selama ini membuahkan hasil, dan momen tersebut menjadi salah satu pengalaman yang paling berkesan dalam perjalanan kami.

Testimoni

Mengikuti 4C National Competition 2024 adalah pengalaman yang luar biasa bagi kami sebagai tim. Tidak hanya membawa rasa syukur karena berhasil meraih juara 3, tetapi juga memberikan banyak pelajaran berharga di sepanjang perjalanan ini. Kami belajar akan pentingnya komunikasi dan kolaborasi, terutama ketika harus bekerja dengan deadline ketat. Dukungan dan kekompakan tim membuat semua tantangan terasa lebih ringan.

Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (Filkom UB) yang telah menyelenggarakan 4C National Competition 2024. Kompetisi ini telah menjadi wadah bagi kami untuk mengembangkan diri, baik secara teknis maupun personal.

Kami juga menyampaikan rasa terima kasih yang tulus kepada Universitas Ciputra, para dosen, teman-teman, dan keluarga yang senantiasa mendukung kami. Terima kasih atas doa, motivasi, dan semangat yang telah menginspirasi kami untuk memberikan yang terbaik dalam kompetisi ini!