Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program studi Informatika Universitas Ciputra Surabaya
Capaian pembelajaran lulusan disusun dengan standar minimal berdasarkan jenjang kualifikasi KKNI yang telah dirumuskan oleh SN-DIKTI. Rumusan CPL terdiri dari “Sikap”, “keterampilan umum’, “keterampilan khusus”, dan “pengetahuan”.
Adapun fokus Universitas Ciputra dalam pengembangan entrepreneurship dan pada program studi Informatika berfokus pada pengembangan technology entrepreneurship (Technopreneurship), memberikan ciri khusus tersendiri pada capaian pembelajaran lulusan Informatika Universitas Ciputra dengan menambahkan Kompetensi Entrepreneurial..
Perumusan capaian pembelajaran lulusan juga dengan mempertimbangkan Computing Curricula yang diterbitkan ACM, kerangka kurikulum Informatika yang ditetapkan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM), serta Roadmap Ranah Keilmuan ke Ranah Topik Ilmu Komputer S1 (Naskah Akademik Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Bidang Ilmu Informatika dan Komputer).
Penyederhanaan Rumusan CPL Program studi Informatika Universitas Ciputra Surabaya
Capaian pembelajaran lulusan (CPL) menurut SN DIKTI 2020 terdiri dari rumusan sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus. Program Studi Informatika membuat pemetaan kesetaraan empat komponen CPL dalam tiga komponen, yaitu sikap (terdiri dari 3 unsur), keterampilan (terdiri dari 5-6 unsur) dan pengetahuan (terdiri dari 2-3 unsur). Berikut adalah tabel kesetaraan CPL terhadap Standar Kompetensi Lulusan dari SN DIKTI 2020.
Tabel di atas menunjukan tingkat kesetaraan tiga rumusan sikap yang disusun Universitas Ciputra Surabaya terhadap sepuluh butir rumusan sikap yang terdapat dalam SN DIKTI 2020. Setiap rumusan sikap memiliki keterkaitan dan kesetaraan makna, ditunjukan dengan tanda (v). Dengan demikian, rumusan capaian pembelajaran lulusan program studi akan terdiri dari tiga rumusan sikap, minimum lima rumusan keterampilan khusus dalam konteks program studi, dan rumusan pengetahuan dalam konteks bidang keilmuan program studi.
Lima unsur rumusan keterampilan khusus yang telah tersusun, memiliki tingkat kontribusi dan kesetaraan makna dengan sembilan butir rumusan keterampilan umum yang terdapat dalam SN DIKTI 2020. Dengan demikian, kelima unsur rumusan keterampilan dari lulusan UC sudah mengandung makna dari keterampilan umum SN DIKTI 2020. Simbol lingkaran berwarna selanjutnya diterjemahkan ke dalam skala 1-4 dan tertuang di bagian kontribusi CPMK terhadap CPL Program Studi. Rumusan CPL Program Studi Informatika dapat dilihat di tabel berikut ini.
Kode | Rumusan |
SIKAP | |
S1 | Sebagai warga negara yang berke Tuhan an, yang menjunjung tinggi nilai Pancasila dan kemanusiaan, cinta tanah air dan menghargai keragaman budaya. |
S2 | Sebagai pembelajar sepanjang hayat yang mandiri, bertanggung jawab, toleran, taat hukum, dan memiliki kepekaan sosial dan berwawasan lingkungan. |
S3 | Mengaktualisasi nilai-nilai universitas (University value’s) dalam perilaku sesuai kode etik UC. (humanity, Eqality, Dignity, Nourishing, Trust, Organizational norm, IPE, University freedom, Civilization, Sensitivity). |
KETERAMPILAN UMUM | |
KU1 |
Mampu menyusun gagasan/ konsep secara logis dan analitis berdasarkan prinsip keilmuan/ keahlian/ entrepreneurship, dan nilai kemanusiaan. (Critical thinking)
|
KU2 |
Mampu menciptakan karya kreatif-inovatif yang bernilai tambah, melalui tahapan mendesain, mengimplementasi, dan mengevaluasi solusi berbasis computing multi-platform, yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan computing pada sebuah organisasi, baik secara mandiri maupun kolaboratif. (Creativity-Inovation).
|
KU3 |
Mampu menyusun alternatif solusi melalui ekplorasi/kajian akademik terhadap masalah bidang keilmuan/ keahlian/ entrepreneurship/ kemanusiaan, yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. (Problem solving)
|
KU4 |
Mampu mengambil keputusan secara komprehensif dan bertanggung jawab sesuai bidang keahlian/ keilmuan, etika, dan pengalaman belajarnya baik sebagai pemimpin maupun anggota. (Decision making)
|
KU5 | Mampu menyajikan hasil karyanya dalam media komunikasi yang dapat diakses secara luas, dan dihargai masyarakat akademik dan atau masyarakat umum. (Communication-recognition) |
KETERAMPILAN KHUSUS | |
KK1 | Mampu mengimplementasi kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai melalui strategi belajar yang spesifik dan komprehensif berdasarkan pola pikir yang terbangun dan berkembang selama belajar secara mandiri (Computing & learning strategy) |
KK2 | Kemampuan menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu Informatika, khususnya Artificial Intelligence dan/atau Full Stack Application Development, Digital Entrepreneurship, serta bidang ilmu terkait lainnya (Transdiscipline). |
PENGETAHUAN | |
P1 | Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. |
P2 | Menguasai metode analisis persoalan computing yang kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin. |
P3 | Memiliki pengetahuan yang memadai terkait cara kerja sistem komputer dan mampu menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu organisasi. |
P4 | Menguasai pendekatan Digital Entrepreneurship yang dapat menghubungkan pengetahuan bidang keilmuan/keahlian Ilmu Komputer/Informatika, khususnya di bidang Artificial Intelligence dan/atau Full Stack Application Development, dengan bidang pengetahuan/keilmuan Entrepreneurship, untuk mengembangkan ventura baru berbasis teknologi digital (Startup) yang berkelanjutan, memiliki nilai tambah, dan berdampak positif pada masyarakat. |